Pages

Sunday, April 25, 2010

LABORATURIUM SMANDA

Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata laboraturium? Sebagian besar akan beranggapan bahwa laboraturium itu menyeramkan, bau, putih, dsb. Di SMANDA sendiri punya beberapa laboraturium, diantaranya lab fisika, kimia, biologi, bahasa, dan computer (TIK). Ternytata nggak semua laboraturium seperti itu lho.
Kota mulai dari Laboraturium IPA, laboraturum ini teriri dari 3 lab, yaitu lab fisika, kimia, dan biologi. Laboraturium ini terletak bersebelahan di hedung I latai dasar, gedung yang tidak jauh dengan kantin sekolah. Peralatan disini cukup lengkap karena masih ada beberapa alat yang belum memenuhi jumlah siswa. Ada siswa yang bergantian meminjam alat jika sedang dilakukan percobaan. Laboraturium itu memang luas, bersih pula, tetapi baunya itu lho. Nggak bangeet ! I Bau khas dari setiap laboraturium. Ruangannya juga panas, karena hanya ada 2 kipas angin yang nggak kerasa sama sekali. Hal semacam inilah yang mebuat konsentrasi belajar berkurang.
Kita menuju ke Laboraturium Bahasa yang berada di lantai dua gedung G. Lumayan terpencil juga sih, hehe. Ruangan yang terdapat 42 bilik ini biasa digunakan untuk pelajaran bahasa inggris (listening). Keadaannya cukup memprihatinkan. Lantai yang beralaskan keramik mulai merekah karena kurangnya perhatian dari pihak sekolah. Selain itu, ada beberapa earphone dengan kabel terkelupas bahkan putus, ada yang tidak ada bantalannya, ada juga yang tidak bisa digunakan sama sekali. Secara keseluruhan nyaris tidak layak pakai.
Laboraturium TIK atau LABKOM. Laboraturium ini teridi dari dua ruang, yang berada di lantai dasar gedung F. Ruangan ini ber-Ac dan masing-masing terdiri dari sekitar 17 komputer. Dari sekian komputer yang ada beberapa yang tidak berfungsi. Ketika pelajaran TIK pun sering mati sendiri dan bikin kita jengkel karena belum sempat menyimpan tugas dan harus mengulang dari awal lagi. Virus komputernya juga merajalela. Internetnya juga kadang-kadang tidak bisa digunakan.
Saya sarankan agar pihak sekolah memperbaiki fasilitasnya setara dengan tingkat Internasional. Kita kan udah mau SBI, masa fasilitasnya masih sama yang lokal. Okeoke?

No comments:

Post a Comment